Sebelum Ganti Profesi

February 13, 2011 at 11:42 am Leave a comment

Bosan dengan bidang pekerjaan Anda yang lama? Tak tahan dengan tekanan yang diperoleh di perusahaan? Atau sekadar ingin mencoba tantangan yang baru?

Memang banyak orang yang mengundurkan diri dari perusahaannya, lalu memilih bidang pekerjaan yang sama sekali berbeda. Bagaimanapun juga, kita memang membutuhkan tantangan terus-menerus untuk membuat diri kita lebih bersemangat, dan terus berkembang. Jadi, tak ada salahnya bila Anda berganti profesi: dari sekretaris menjadi wartawan, dari public relations officer menjadi peneliti, dan lain sebagainya.

Namun, mengubah karier membutuhkan pemikiran yang matang, dan kemauan kuat untuk belajar. Maka jika Anda merasa berganti profesi memang perlu Anda lakukan, berikut enam langkah untuk mulai mencapainya.

1. Ciptakan daftar karier yang paling membuat Anda berminat. Pastikan untuk melakukan riset untuk mengetahui seluk-beluk pekerjaan ini. Yang paling mudah, misalnya, standar gajinya. Selain itu, apa tugas-tugas Anda, apakah mengharuskan Anda untuk banyak melakukan perjalanan, apa tantangan terbesar dari pekerjaan tersebut, atau bagaimana potensi bidang ini untuk karier Anda.

2. Lakukan pencarian lowongan kerja berdasarkan daftar yang Anda buat. Beri penekanan pada pekerjaan yang tampak paling banyak dicari daripada lainnya, dan coret jenis pekerjaan yang tampaknya tidak akan cukup berkembang.

3. Pilih daftar bidang pekerjaan yang sudah Anda jadikan pilihan utama, lalu pertimbangkan kapan Anda akan memulai karier yang baru ini. Beberapa pekerjaan mungkin akan membutuhkan training singkat, yang bisa Anda lakukan sebelum mulai bekerja, atau sesudahnya. Banyak sekali bidang yang membutuhkan training atau kursus, beberapa di antaranya adalah:

* Paralegal. Yang disebut asisten legal atau paralegal sebenarnya ada di semua departemen legal di perusahaan. Tugasnya antara lain menganalisa berbagai kebijakan pemerintah untuk perusahaan. Namun bila yang Anda maksud adalah paralegal di kantor-kantor pengacara, maka Anda bertugas untuk men-support para pengacara. Misalnya, mengumpulkan informasi atau melakukan penelitian mengenai klien atau pihak yang digugat klien.

* Pasar modal. Baik stock investor berpengalaman maupun investor saham pemula bisa mengikuti kursus saham seperti yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia. Materi investasi pasar modal diberikan untuk kelas basic, intermediate, sampai advance. BEI juga membuka kursus saham khusus untuk perempuan.

* Marketing. Banyak aspek dari bidang pemasaran yang bisa Anda pelajari, seperti integrated marketing communication, marketing research, marketing strategy, dan lain sebagainya. Beberapa perusahaan konsultan bisnis yang memiliki program ini di antaranya i-COACH, atau MarkPlus & Co.

* Penerjemahan. Anda tentu tahu, tidak sembarang orang bisa menjadi penerjemah. Untuk menjadi penerjemah yang menguasai tata bahasa, pendekatan bahasa budaya, dan bahasa nalar, Anda harus menguasai teknik-tekniknya. Salah satu lembaga pendidikan penerjemah yang menawarkan program ini adalah Hapsa et Studia, yang terletak di Gedung Widya Dharma Artha, jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Masih banyak workshop yang bisa Anda ikuti, sesuai bidang pekerjaan yang Anda incar.

4. Kini Anda telah mengikuti kursus bidang Anda yang pertama. Tetapi, tugas Anda belum selesai. Selain menerima semua pengetahuan yang Anda butuhkan, Anda juga perlu menjalin hubungan atau networking dengan rekan-rekan dan instruktur di kelas Anda. Siapa yang tahu Anda bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari mereka? Bila prestasi Anda cukup baik, bisa jadi instruktur Anda menawarkan pekerjaan langsung untuk Anda.

5. Mulailah membuat lamaran pekerjaan. Perbarui CV yang lama, dan sampaikan objective Anda, mengapa Anda ingin mengubah haluan. Berlatihlah untuk menjual diri Anda, mengenai minat dan pencapaian yang telah Anda lakukan. Lalu, bersiaplah untuk mulai bekerja!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , .

Filosofi Bisnis Tionghoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: