Belajar Menghargai Diri

September 18, 2010 at 5:43 am Leave a comment

Berharga atau tidaknya sesuatu tergantung dari perspektif otak  memandang hal tersebut, terkadang sesuatu yang sebenarnya sangat berharga dan mempunyai fungsi yang sangat penting tiada terasa berharga manakala ketidaksadaran  atau karena cara pandang dari sudut yang membuat hal tersebut seolah tiada berharga.

Seperti cerita kehidupan itu sendiri, untuk sebagian orang terasa begitu penuh arti dan begitu berharga, namun bagi sebagian orang lainnya hidup ini begitu monoton, begitu-begitu saja dan kurang menggigit untuk diikuti, bahkan untuk sebagiannya lagi hidup ini begitu membosankan karena banyaknya problema yang ada dengan seringkali kebuntuan yang didapat.

hmm sebenarnya sesuatu yang berharga itu apa si? mungkin dari definisi yang kita bentuk inilah titik tolak dari sudut pandang kita dalam memaknai kehidupan ini. secara pasti sulit untuk menyamakan persepsi secara detail dan tepat untuk kata berharga ini, karena kita punya pengalaman masing-masing untuk menggambarkannya. namun bagi saya yang masih dalam tahap belajar menghargai diri dan kehidupan ini mendefinisikan berharga adalah sesuatu yang mempunyai nilai guna, baik untuk bertahan hidup melanjutkan hidup atau untuk mengisi kehidupan sehingga  mempunyai arti dalam sesuatu. abstrak sekali memang, namun setidaknya itulah yang baru aku bisa katakan untuk meng-artikan kata berharga.

Berdasarkan hal-hal yang pernah kurasakan dengar ataupun lihat, mungkin benar bahwa Tuhan tidaklah menciptakan atau mengizinkan sesuatu terjadi begitu saja  kecuali ada nilai yang begitu berharga didalamnya yang bisa kita ambil atau manfaatkan darinya..dan bila sesuatu benda atau kejadian belum diketahui nilai manfaat atau seberapa besar nilainya yakinlah suatu saat nilai tersebut akan terkuak juga.Sungguh Maha besar Allah, Tuhan sang pencipta dan penguasa alam ini.

Hmm jika selama ini begitu banyak hal yang kurasa kurang berarti dan merasa kehidupan ini terasa hambar, mungkin yang menjadi masalah bukanlah yang ada atau yang terjadi disekitarku, namun yang perlu ku benahi adalah kesadaran akan kelemahan diri dan kurangnya diri ini untuk bersyukur oleh begitu banyaknya nikmat yang didapat serta pola pikir yang selalu saja merasa kekurangan dan berpikir negatif .

YA…!!! Berpikir positif, semua yang ku alami pasti memiliki makna yang begitu dalam, apapun pengalaman itu, entah itu tentang beberapa cerita keberhasilanku ataupun serentetan kegagalan yang ku alami sekecil apapun itu..yang terpenting bukan terletak pada keberhasilan atau  kegagalan. Namun yang terpenting adalah mencoba menggali makna dalam tiap kejadian untuk dijadikan pelajaran tentang kehidupan ini dan motivasi berusaha untuk bisa berbuat lebih baik lagi dan menggunakan pengalaman tersebut untuk kehidupan yang akan datang..

Yang harus kulakukan sekarang adalah mulai berbenah diri dengan sedikit demi sedikit, membuat daftar apa saja yang harus kulakukan dan apa saja yang sepatutnya tidak kukerjakan..menuliskan hal-hal yang telah dilalui dan beberapa kalimat untuk menjaga semangat dan motivasi untuk terus tetap mengisi hidup ini dengan penuh semangat dan penuh optimis..Batasi diri dengan batasan-batasan yang sepantasnya untuk lebih bisa menikmati hidup agar lebih bisa bersyukur lebih banyak lagi..mungkin terlalu lama aku tenggelam dalam ketidakpastian dan kebingungan dalam menilai diri dalam jalani kehidupan ini, namun ada itu harus kujadikan pnyemangatku untuk mengejar diri yang tertinggal jauh akan sesuatu yang seharusnya bisa kudapat dan sudah saatnya aku harus mulai belajar menghargai diri sendiri, memberikan sedikit ruang untuk menempatkan kegagalan-kegagalan yang kudapat ataupun untuk sekedar memberi tempat untuk meletakkan beberapa keberhasilan sebagai penyemangat diri.

Yang lebih penting lagi adalah selalu berusaha mendekatkan diri pada sang pencipta, karena sungguh, kehidupan beserta alam seisinya ini adalah dalam kuasaNya..

Entry filed under: Motivasi. Tags: , , .

Tiap Kegagalan Terselip Benih Keberhasilan Fisik tanda Stres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: