Belajar Jujur

February 24, 2009 at 12:06 pm Leave a comment

cermin kejujuran

cermin kejujuran

“Katakanlah sejujurnya meskipun itu terasa pahit” adalah sebuah ungkapan kata bijak yang terkadang terasa berat, namun sesungguhnya menyimpan sebuah kebohongan adalah seperti merelakan dirikita terbebani dengan sesuatu yang sangat berat, karena biasanya sebuah kebohongan akan menghasilkan kebohongan-kebohongan lain yang jika terus berlanjut niscaya seluruh hidupnya hanyalah berisi kebohongan yang tiada pernah ada akhirnya.
kebohongan memang awalnya terasa manis dan terasa indah untuk menutupi kenyataan yang dirasa kurang menyenangkan baginya. Namun manisnya kebohongan niscaya takkan pernah bertahan lama, dan setelah itu pahit getir akan segera terasa. Memang hidup ini seringkali tak seindah seperti yang kita bayangkan dan kita harapkan, karena memang takdir hidup ini adalah sebuah kehidupan yang tak abadi dan sebuah kehidupan yang sangat terbatas. namun sungguh hidup ini akan menjadi sesuatu yang indah jika kita mampu menerima dan jujur pada diri kita sendiri bahwa kehidupan ini. ya hal ini merupakan sikap ikhlas kita akan kehidupan, sebuah keikhlasan yang akan berlanjut dengan kesabaran dan rasa syukur untuk meraih kebahagiaan yang selanjutnya.
Suatu ketika diriku mengenal seorang wanita cantik, ya lebih tepatnya relatif cantik bagiku, namun sayang dia sangat senang memoles wajahnya hingga menurutku terlalu berlebihan dan itu membuat kecantikannya malah tertutupi, hingga ia terlihat menjadi jelek, lagi-lagi lebih tepatnya relatif jelek menurut penilaianku. dan yang paling membuatku jadi ngga nyaman bila bertemu dengannya adalah karena ia seperti penuh dengan kebohongan-kebohongan, karena ia selalu bohong bohong dan bohong untuk menutupi kenyataan. mungkin baginya hal tersebut mampu memperindah kehidupannya (meskipun mungkin ia tahu itu hanya dalam angannya saja).

Jujur merupakan awal sebuah kebahagiaan dalam hidup, jujur pada diri sendiri adalah sebuah kejujuran yang paling dasar dan sikap demikian  membuat orang sadar dan tahu bagaimana dan seperti apa dirinya, dengan jujur pada diri sendiri seharusnya orang bisa bercermin pada dirinya sendiri sebelum berkaca pada orang lain. Tidak mudah memang untuk berlaku jujur pada diri sendiri, karena hanya orang yang berjiwa lapanglah yang mampu untuk berlaku jujur pada dirinya, namun setelah orang mampu berlaku jujur pada dirinya berarti dia telah satu langkah menapakkan kakinya untuk menuju kebahagiaan, karena dengan jujur dimulailah pemahaman akan diri sendiriyang darisini seseorang bisa mengerti tentang kemampuan-kemampuan diri serta keterbatasan yang ia miliki, sehingga selayaknya manusia tersebut bisa memaksimalkan potensi dirinya dan mengerti apa yang sanggup ia perbuat dan mana yang diluar batas kemampuannya, so hidupnya selalu terukur dan ia bisa merencanakan kemungkinan kehidupannya dimasa depan.

Entry filed under: kata hati. Tags: .

Terapi Kehidupan (Buang jauh keputus-asaan) Awasss!! bahaya cacingan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: