Berburu Ice Juice (seri Jambu Biji)

January 14, 2009 at 6:49 pm Leave a comment

Jambu biji meskipun tampangnya terlihat kurang menggairahkan bagi sebagian orang dan seringkali diidentikkan dengan buah kelas menengah kebawah namun tetap saja bagiku memikat, karena sedari kecil emang kesukaanku ‘pene’an’ n metik nie buah, disamping hoby panjat2 juga jambu biji tersebar banyak didesaku dulu, biasanya pohon/buah jambu biji kurang mendapat perhatian sang pemilik karena dianggap kurang berharga seperti buah2 yg lain, so bisa leluasa deh pene’an n metik buahnya, ga takut dimarahi sang empunya pohon. Namun dibalik tampangnya yang bersahaja dan lugu itu jambu biji ternyata memiliki nilai gizi dan manfaat yang relatif tinggi dibanding dengan buah kelas atas yang lain.
Dulu motif berburu jambu biji adalah untuk menyalurkan hoby panjat tebing (ups salah panjat pohon ding) dan buat nyari cemilan murah sehat pengganjal perut yang segar (apalagi kalu habis hujan, jambu biji sueger banget, mak nyess) namun akhir2 ini perburuan jambu biji (juice) lebih terpacu karena kesegaran rasa n berbagai “isu” manfaat dari jambu biji yang ternyata seabrek itu
setelah meluangkan waktu sedikit buat nyari di internet akhirnya dapet juga artikel tentang jambu biji ini; diantaranya :

Jenis jambu biji
Bentuk buah jambu biji sangat bervariasi dari bulat hingga lonjong seperti buah pir, serta beraroma wangi. Rasa buah manis, manis asam, atau asam. Rasa dan aroma jambu biji yang sangat khas disebabkan oleh senyawa eugenol. Kulit buah tipis berwarna hijau sampai hijau kekuningan. Bijinya bervariasi dari sangat sedikit hingga sekitar 500 biji dalam buah yang beratnya sekitar 150 gram. Panen buahnya dapat dilakukan sepanjang tahun (tidak mengenal musim).

Buah jambu biji besarnya cukup bervariasi, dari yang berdiameter 2,5 cm sampai dengan lebih dari 10 cm. Jambu yang disukai oleh masyarakat umumnya adalah yang berdaging lunak dan tebal, rasanya manis, berbiji sedikit, dan buahnya berukuran besar.

Jenis jambu biji di seluruh dunia ada sekitar 150. Di Indonesia yang banyak ditanam adalah jenis jambu sukun, jambu susu putih, jambu apel, jambu australia, jambu palembang, jambu kamboja, jambu pasar minggu, jambu merah getas, jambu harum manis, jambu sari, dan jambu tukan.

Jambu biji secara taksonomi tergolong ke dalam famili Myrtaceae, genus Psidium, spesies guajava. Karena itu, dalam bahasa Latin disebut Psidium guajava. Dalam bahasa Inggris jambu biji dikenal sebagai guava, sedangkan di Indonesia disebut juga jambu batu, jambu klutuk, atau jambu siki.

Tanaman jambu biji termasuk tanaman perdu (tinggi dapat mencapai 10 meter) yang cepat beradaptasi dengan lingkungan dan memiliki daya regenerasi yang baik. Jambu biji dapat tumbuh di segala macam iklim dan lahan pada ketinggian antara 5-1200 meter dari permukaan laut.

Menurut sejarahnya, jambu biji berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Brasil. Dari sana menyebar ke Thailand kemudian ke negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Di banyak negara, jambu biji merupakan tanaman terpenting bagi penduduk aslinya. Saat ini jambu biji ditanam di seluruh dunia, terutama di negara tropis.

Di Indonesia, sentra produksi utama jambu biji adalah DKI Jakarta (Jakarta Selatan), Jawa Barat (Cirebon dan Karawang), Jawa Tengah (Pekalongan, Grobogan, Kudus, Jepara, Gombong, Purbalingga, Purworejo, Sukoharjo, Semarang, Wonogiri, dan Cilacap), Daerah Istimewa Yogyakarta (Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo), Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, dan Kalimantan.

Kandungan per 100 gram dari jambu biji adalah sbb:

kandungan jumlah
Air 86.10 (gr)
Energi 51(kcal)
Protein 0.82(g)
Lemak Total 0.60(g)
Karbohydrat 11.88(g)
Serat pangan, total 5.4(g)
Abu 0.60(g)
Mineral jumlah
Kalsium , Ca 20(mg)
Besi, Fe 0.31(mg)
Magnesium, Mg 10(mg)
January $100
January $100
Fosfor, P 25(mg)
Kalium, K 284(mg)
Natrium, Na 3(mg)
Vitamin jumlah
Vitamin C, total ascorbic acid 183.5(mg)
Thiamin 0.050(mg)
Riboflavin 0.050(mg)
Niacin 1.200 (mg)
Pantothenic acid 0.150(mg)
Vitamin B-6 0.143(mg)
Folate, total 14(mcg)
Folate, food 14(mcg)
Vitamin A, 792(IU)
Vitamin E 1.120(mg_ATE)

Sumber: USDA Nutrient Database for Standard Reference, Release 14 (July 2001)

Bahkan kandungan vit C dari jambu biji per 100gr lebih tinggi daripada kandungan vit C pada  jeruk per 100grnya. Dari kandungan nutrisi yang beragam ini tentunya mempunyai manfaat yang banyak bagi pengkonsumsi buah jambu biji

– Dipercaya mampu menyembuhkan DBD

Demam Berdarah yang merupakan penyakit musiman disebabkan flavivirus yang dibawa oleh nyamuk oleh nyamuk aedes aegypti ini dapat mengakibatkan trombositopenia atau berkurangnya sel darah merah  sang penderita, sehingga jambu biji yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah bisa dijadikan alternatif untuk pemulihan kondisi penderita DBD (dalam artian mampu mempercepat penyembuhan penderita)

– Obat mujarab  Diare (sakit perut)

Diare memang terasa seperti penyakit sepele, namun jika terus berlanjut niscaya penderitanya akan menjadi lemas lunglai karena kekurangan cairan akut, sehingga selain diperlukan asupan cairan pengganti cairan tubuh (biasanya diberi oralit) maka perlu sekali pengobatan secepat mungkin agar diare sesegera mungkin dapat dihentikan.

Ketika masih kecil sering rasanya merasakan penyakit ini, mungkin karena kurang menjaga kebersihan, Namun dari ma’ku saya dikasih resep cespleng buat ngilangin diare ini, ramuannya sangat sederhana yaitu hanya makan beberapa  pucuk daun muda jambu biji (biasanya cukup 3) yang masih kuncup2. pahit benar rasanya memang, namun selang beberapa jamdiare langsung terhenti, ajaib memang. (subhanalloh)

Terrnyata kini secara ilmiahfenomena diatas dapat dijelaskan, yaitu sebagai berikut: Ekstrak atau rebusan daun jambu buji pun terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Ini artinya, rebusan daun jambu biji mempunyai sifat antidiare; terutama yang disebabkan infeksi.Komponen aktif dalam daun jambu yang diduga memberikan khasiat itu adalah zat tanin yang cukup tinggi. Daun kering jambu biji yang digiling halus diketahui mempunyai kandungan tanin sampai sekitar 17%. Senyawa yang rasanya pahit ini mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, tanin juga menjadi penyerap racun dan dapat menggumpalkan protein.

Namun bagi yang tidak suka pahit-pahit  jus jambu biji bisa sebagai alternatif, jus jambu biji terbukti sebagai obat diare; bahkan dianggap cukup aman dan disukai bagi anak-anak. Untuk-anak, satu gelas jus jambu biji per hari dianggap cukup untuk mengatasi diar

– Penurun Resiko serangan Jantung

Jambu biji mengandung serat pangan sekitar 5,4gram per 100 gram daging buah. Jenis serat yang cukup banyak terkandung di dalam jambu biji adalah pektin, yang merupakan jenis serat yang bersifat larut di dalam air. Serat yang bersifat larut di dalam air memiliki peran besar dalam menurunkan kadar kolesterol, yaitu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh, serta membantu pengeluarannya melalui proses buang air besar.
Dengan demikian, serat yang bersifat larut di dalam air berguna untuk mencegah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah penyebab terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke

Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi

Disamping itu jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut Dr. James Cerda dengan memakan jambu biji 0,5 – 1 kg /hari selama 4 minggu resiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 %.

– Diabetes melitus

Serat sejenis pangan juga berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah, sehingga sangat berperan dalam mencegah penyakit diabetes melitus.

– Anti kanker

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat nirgizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan. Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Anti Oksidan

Susi Indariani, Peneliti dari Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) meneliti tentang khasiat daun jambu biji sebagai antioksidan memberikan hasil: Pada pegujian menggunakan metode TBA, ekstrak etanol dari daun jambu biji putih local dapat menghambat oksidasi lipida sampai 94,19 % terhadap kontrol yang tidak diberi antioksidan. Ini berarti daun biji jambu terbukti memiliki kemampuan antioksidan. Selain itu, ia meneliti kandungan daun jambu biji putih lokal. Hasil uji fitokimia ekstrak daun jambu biji menunjukkan senyawa yang terdapat dalam ekstrak adalah tannin, fenol, flavonoid, kuinon, dan steroid. Mengenai senyawa aktif yang mempunyai aktivitas aktioksidan

Masih banyak lagi penggunaan jambu biji untuk mengobati beberapa penyakit lain seperti :

– Maag

-Masuk angin

– Beser

– Prolapsisani

– Sariawan

Ragam Pemanfaatan
Menurut dokumentasi Parimin S.P. dan PDII–LIPI, di berbagai tempat, jambu biji lazim digunakan sebagai pengobatan dengan penyajian sebagai berikut:
Penguat jantung, membantu sistem pencernaan, dan anti kanker
Jus jambu biji 200 ml
Jus apel 400 ml
Jus melon 200 ml
Madu murni 100 cc
Blender semua bahan sampai halus kemudian simpan di lemari pendingin.
Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc.

Demam berdarah dengue (DBD)

Ramuan 1:

Jambu biji matang dan mengkal 3 buah dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.
Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkal dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.

Ramuan 2:

Daun jambu biji segar 1 kg dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil (rajang). Blender dengan air secukupnya hingga halus. Saring dan endapkan, sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.
Cara pemakaian:
– Masukkan ekstrak ke dalam kapsul lalu minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore.
– Minum ekstrak daun bersama sirop jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk 1/2 liter sirop yang diencerkan. Minum secara teratur sampai keluhan sembuh.

Diare

Ramuan 1:

Daun jambu biji 30 gr ditambah segenggam tepung beras direbus dengan 1-2 gelas air. Larutan diminum 2 kali sehari.

Ramuan 2:

Tiga lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

Ramuan 3:

Enam lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

Maag

Delapan helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari.

Disentri

Siapkan akar daun jambu biji secukupnya dan daun jambu 10 lembar. Potong-potong akar dan daun, cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Saring air rebusan lalu minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.

Luka

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Tempelkan pada luka. Kandungan astringent-nya dapat menghentikan perdarahan.

Keputihan
Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

Perut kembung pada anak

Tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Dosis untuk anak di bawah umur 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan

Sakit kulit

Ramuan 1:

Segenggam daun jambu biji muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.

Ramuan 2:

Daun jambu biji segar 500 gram dipotong-potong lalu direbus dengan air panas 90 derajat Celsius selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.

Diabetes

Satu buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum 2 kali sehari.

Beser (sering buang air kecil)

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.

Sariawan

Ramuan 1:

Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring. Minum 2 kali sehari.
Ramuan 2:

Daun jambu biji muda 2 lembar, daun sirih segar 1 lembar, daun saga segar satu genggam dicuci sampai bersih. Tumbuk semua bahan sampai halus lalu tambahkan air. Peras adonan itu lalu gunakan airnya untuk kumur-kumur 2-3 kali sehari.

Luka berdarah atau borok di sekitar tulang

Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.

Ambeien
Ramuan 1:

Daun jambu biji muda atau pucuknya dan sebuah pisang batu dicuci, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

Ramuan 2:

Buah jambu biji segar 500 gram direbus menggunakan air secukupnya hingga menjadi cairan kental. Oleskan cairan itu ke bagian tubuh yang sakit.

Dari se-abrek ragam guna jambu biji tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi lezatnya jambu biji jikapun tidak suka buah segarnya maka berburu juice jambu biji merupakan alternatif dan mari manfaatkan keajaiban pucuk2 daunnya

sumber terkait :

http://agribisnis.deptan.go.id/web/teknopro/Leaflet%20Teknopro%20No.%2025.htm

http://faris2006.wordpress.com/sharing/manfaat-jambu-biji/

http://www.ayahbunda-online.com/info_ayahbunda/info_detail.asp?id=Nutrisi&info_id=429

http://www.indofamilyhealth.com/index.php?option=com_content&task=view&id=685

http://zaldym.wordpress.com/2008/08/10/daun-jambu-biji-berhasiat-sebagai-antioksidan/

Jambu Biji kaya Nutrisi penuh gizi

Jambu Biji kaya Nutrisi penuh gizi

Entry filed under: kliping media. Tags: .

Berburu Ice juice (seri Alpukat/Avokad) Terapi Kehidupan (Buang jauh keputus-asaan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: