Berburu Ice juice (seri Alpukat/Avokad)

January 9, 2009 at 3:17 pm 3 comments

alpukat yang memikat

alpukat yang memikat

Waah akhir-akhir ini temen-temen termasuk diriku kecanduan kenikmatan juice buah, ini berawal dari promo sang penjual juice yang menawarkan beli 3 dapet bonus 1, hehee dasar kami orangna suka yang gratis-gratis akhirnya tertarik juga thu sama intimidasi sang penjual juice buah (eh masih ditambah gratis senyum mba yang jual juga :D), karena gratisnya bersyarat makanya kamipun menyiasatinya kudu ngumpulin dulu minimal 3 orang, ya tentunya dengan salah satu dari kami berkorban buat bayar juice doble. Dengan begitu kamipun bisa berburu juice kesukaan kami dengan harga yang sedikit relatif murah. karena harga 3 dibeli dengan harga 4 gelas, jadi jadi kalou diitung-itung dapet diskon 25% lah…lumayan kan?!?
Ternyata kenikmatan juice bisa bikin orang ketagihan…buktinya setelah beberapa kali berburu juice buah yang berdiskon 25% dan merasakan enaknya juice buah kamipun tetep ngelanjutin acara berburu juice-nya waloupun promo diskon 25% telah dihapuskan sama mas bosnya penjual juice..(dasar strategi pemasaran)
namun alih-alih kami menghilangkan kekesalan karena masa promonya telah habis kamipun nyari-nyari manfaat juice buah..hehe mumpung masih bisa dapet akses internet gratisan (sayangkan kalo dilewatin bgitu ajah).
karena temanku salah satunya penggemar alpukat, akhirnya dicari juga manfaat dari buah alpukat….
biasa jurus pertama yang dipake : buka google ketik kata kunci “manfaat alpukat” beberapa detik kemudian jeng-jeng banyaklah artikel tentang berbagai hal yang ada sangkut pautnya sam aynga namanya buah alpukat, diantaranya y:

Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :

– kandungan buah alpukat

Carbohydrates 8.53 g
– Sugars                                   0.66 g
Dietary fiber 6.7 g
Fat 14.66 g
saturated 2.13 g
monounsaturated 9.80 g
polyunsaturated 1.82 g
Protein 2 g
Thiamin (Vit. B1) 0.067 mg 5%
Riboflavin (Vit. B2) 0.130 mg 9%
Niacin (Vit. B3) 1.738 mg 12%
Pantothenic acid (B5)  1.389 mg 28%
Vitamin B6 0.257 mg 20%
Folate (Vit. B9)  81 μg 20%
Vitamin C 10 mg 17%
Calcium 12 mg 1%
Iron 0.55 mg 4%
Magnesium 29 mg 8%
Phosphorus 52 mg 7%
Potassium 485 mg 10%
Zinc 0.64 mg 6%

Manfaat Alpukat

Alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak. Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak durian. Walaupun demikian, lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Lemak alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL), sehinggasecara nyata menekan resiko stroke dan serangan jantung. Kemampuan ini diperkuat oleh kandungan betakaroten, klorofil, vitamin E dan vitamin B kompleks yang banyak terdapat di dalam alpukat.

Alpukat kaya mineral kalium, tetapi rendah kandungan natriumnya. Perbandingan ini mendorongsuasana basa di dalam tubuh kita. Berkurangnya keasaman tubuh akan menekan munculnya penyakit akibat kondisi tubuh terlalu asam seperti alergi, pusing, panik, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan.

Kadar asam folat dan vitamin E juga tinggi, kalium alpukat lebih efektif dalam meredam hipertensi dan memperlancar aliran darah. Berbeda dari buah-buahan lain, alpukat hampir tidak mengandung pati, sedikit mengandung gula buah, tetapi banyak mengandung serat selulose. Oleh sebab itulah alpukat sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Di dalam alpukat juga banyak mengandung zat besi dan zat tembaga yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah dan pencegahan anemia gizi. Paduan antara vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium dan mangan menjadikan alpukat baik untuk menjaga kulit dan rambut.

Zaman dahulu orang maya menganggap alpukat sebagai makanan yang mampu menjaga tulang-tulang sendi bergerak dengan bebas. Dalam satu alpukat mengandung 300 kalori, 88 persen dikontribuso sebagai lemak. Oleh sebab itulah tidak heran jika buah alpukat mampu memberikan lubrikasi (pemberian minyak) secara alami pada tulang-tulang persendian tubuh seperti leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut dan pergelangan kaki.

disamping itu masih ada lagi manfaat lainnya spt:
lpukat termasuk buah-buahan yang mengandung lemak tinggi (sekitar 6,5 persen), tapi lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh tunggal oleat, yang lazim disebut omega-9. Lemak jenis ini mampu menurunkan kelebihan “kolesterol jahat” LDL secara efektif, terutama jika kita juga membatasi konsumsi lemak jenuh. Hasilnya akan nyata kalau makan alpukat dibarengi dengan mengurangi makanan gorengan dan bersantan, serta
daging berlemak, dan kuah mengandung lemak gajih Efektivitas alpukat menurunkan kadar “kolesterol jahat” juga dipacu kandungan seratnya yang tinggi. Serat
larut dalam alpukat akan menyerap kelebihan “kolesterol jahat” dan membuangnya bersama sampah makanan.
Sebuah alpukat ukuran sedang mengandung serat 10 gram. Menyantapnya sebuah saja sudah memenuhi 40% kecukupan asupan serat sehari.
Alpukat kaya mineral kalium. Separuh alpukat ukuran sedang mengandung 548 mg kalium, 15 persen lebih tinggi dari kandungan kalium dalam sebuah pisang. Kalium dapat meredakan tekanan darah tinggi, mengontrol debar jantung, dan menjaga kesehatan sistem saraf.
Kombinasi “lemak baik”, serat, dan kalium membuat alpukat mampu mencegah serangan penyakit akibat hipertensi dan kelebihan kolesterol, khususnya stroke dan penyakit jantung. Penderita diabetes pun dapat memetik manfaat tersebut untuk memangkas risiko sama, yang sering merupakan komplikasi.

Gara-gara kaya lemak, alpukat sering dituduh sebagai penyebab kegemukan. Padahal itu tidak benar. Kalau pola makan kita sudah sarat kalori, makan alpukat atau makanan apa pun tentu mudah menambah berat badan. Jika pola makan kita baik, makan alpukat tidak perlu jadi masalah. Apalagi alpukat mengandung lemak yang menyehatkan.
ANTIKERIPUT & BIKIN AWET MUDA
Kendati tidak banyak, alpukat cukup mengandung vitamin A dan klorofil. Di dalam lemaknya tersimpan banyak vitamin E.
Kombinasi vitamin A, klorofil, dan vitamin E sebagai antioksidan terbukti menjaga kulit penduduk Meksiko tampak kenyal dan segar meski telah berumur. Jarang pula yang terserang kanker. Mereka amat gemar makan saus alpukat (guacamole), seperti kebiasaan kita makan sambal di sini.
Kandungan kaliumnya yang tinggi menjadikan alpukat buah pembentuk basa. Dalam teori Food Combining, makanan pembentuk basa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tidak mudah rusak. Dampak paling nyata dari sel yang terjaga adalah wajah tampak awet muda. Nah, rugi, kan, kalau kita tetap menjauhi alpukat?
Mata sering berkunang-kunang dan kepala pening? Periksakan ke dokter. Jika benar kita menderita kurang darah (Hb rendah), jangan ragu makan alpukat. Di dalam alpukat terdapat zat besi dan zat tembaga, yang berperan penting dalam pembentukan darah segar dan mencegah anemia akibat kurang gizi besi. Magnesium dan kalsiumnya membantu menjaga kesehatan tulang.
alpukat baik bagi ibu hamil. Kandungan asam folatnya amat dibutuhkan janin, agar otak dan tulang belakangnya dapat tumbuh sehat sempurna. Satu buah sedang alpukat mengandung 114 mkg asam folat, sudah memenuhi 30 persen kecukupan asam folat harian yang dianjurkan.
Selain asam folat, kandungan vitamin B-kompleks lain yang tersimpan dalam alpukat adalah vitamin B6. Penting untuk mengontrol fungsi sistem saraf. Rendahnya konsentrasi vitamin B6 dalam darah mudah menimbulkan mual-mual pada trimester pertama kehamilan. Nah, makan alpukat pada pra-kehamilan dan selama hamil dapat mencegah mual karena
ngidam.
Belakangan sejumlah ilmuwan menemukan fakta baru. alpukat sarat glutation, senyawa fitokimiawi alami non-gizi yang berkhasiat. Glutation merupakan antioksidan kuat pengusir beragam kanker, khususnya kanker mulut dan tenggorokan, serta mencegah serangan jantung. Dibandingkan dengan pisang, apel, blewah, maupun anggur, kandungan glutation dalam alpukat 3 kali lipatnya.
Beta-sitoterol adalah senyawa fitokimiawi lain yang ditemukan dalam alpukat. Lemak nabati merupakan bagian “lemak baik”, khasiatnya menurunkan seluruh jenis lemak darah yang dapat memicu penyakit akibat gangguan pembuluh, khususnya stroke dan serangan jantung. Beta-sitosterol akan menormalkan kadar “kolesterol jahat”, trigliserida, maupun total lemak darah. Jumlahnya mencapai 4 kali lipat dibanding yang terdapat dalam pisang, apel, anggur, maupun blewah

pemanfaatan buah alpukat disamping daging buahnya bisa juga biji dari buah ini, yaitu untuk mengobati maag. cara menyiapkan atau membuat obat herbal dari biji alpukat tersebut? Beliau menjelaskannya sebagai berikut: 1. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang; 2. Parut biji alpukat; 3. Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi; 4. Saring;
aturan pakai sari biji alpukat hasil saringan itu: 1. Sakit maag tidak parah, minum sari biji alpukat 1 kali sehari; 2. Sakit maag parah, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh.

sumber :
http://myhealthblogging.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Avocado_pear
http://www.indofamilyhealth.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=655

Entry filed under: kliping media. Tags: .

gradasi 1429 H – 1430 H Berburu Ice Juice (seri Jambu Biji)

3 Comments Add your own

  • 1. bamstry  |  January 15, 2009 at 8:51 am

    hayah,ketagihan just pa mau deketin bakul just hahaha. . .
    biar dapet just gratis pacari bakul just ae. kan minum just tiap hari,
    kwkkwkkwkk. . . . vitaminNa gede lho. . . .

    Reply
    • 2. cahturqlho  |  January 15, 2009 at 3:42 pm

      hehehee…nek yang nthu ya bedha lagi tho y..

      Reply
  • 3. rera  |  October 16, 2009 at 9:04 am

    terimakasih infonya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: