Waktu dan Cara Tidur yang Tepat

October 9, 2008 at 4:24 am 1 comment

Untuk mengatur segala sesuatu terutama menyangkut dengan waktu tidur dan bangunnya serta tata cara atau posisi tidur, Islam telah mengajarkan secara sistematis. Apalagi hal ini menyangkut dengan waktu dan kesehatan badan. Supaya waktu tidak lagi tersia-sia dan supaya badan bisa sehat dan sinergis maka harus teratur mengatur waktu istirahat (tidur), baik di siang hari atau malam hari.

Jika seseorang pandai memenej waktu tidur dan waktu bangun maka akan lebih bermanfaat terhadap badan dan angota tubuh serta lebih sinergis dan badan terasa lebih nikmat dan nyaman. Mata meskipun punya hak untuk tidur, tapi tidak boleh berlebihan hingga melampaui batas kadar yang di butuhkannya, tidak kenal waktu.

Orang yang tidur laksana orang mati. Jika demikin maka mustahil orang hidup itu tidak mati. Orang tidur membutuhkan pemeliharaan dari zat yang maha kuasa, dan perlindungannya dari segala penyakit atau musibah yang akan menimpanya. Oleh karenanya Rasulullah saw mengajarkan kepada kita supaya membaca shalawat, istighfar dan doa’ sebagaimana saya tulis di bawah. Berikut akan saya jelaskan cara-cara dan kapan waktu tidur dan bangun:

Waktu Tidur dan Bangun

Adapun mengenahi waktu tidur maka hendaknya tidur pada awal malam sekitar jam delapan. Waktu ini sangatlah tepat, sebab nanti bisa bangun pada pertiga waktu malam, kira-kira jam tiga, dan kalau bisa tidur pada tempat yang kondusif, katakanlah tidur di atas ranjang dan lainnya -di dalam kamar- agar lebih aman.

Rasulullah saw tidur pada awal malam dan bangun di pertengahan malam, kemudian shalat tahajud hingga kakinya bengkak. Jika hal ini di lakukan secara kontinyu tiap malam maka badan dan anggota bisa teratur kapan waktu tidur dan kapan waktu beribadah. Maka kemudian hati dan badan akan menjadi baik dan kebahagiaan dunia akhirat akan terwujud.

Sebelum tidur di anjurkan kita berdoa’ dan mohon perlindungan kepada Allah dari segala hal yang mengganggunya atau dari macam penyakit. Doa’ yang biasa di ajarkan oleh Rasulullah SAW adalah :

بسمك اللهم احيا وبسمك أموت

“Ya Allah, hanya dengan kebesaran namamu aku bisa hidup dan akan mati

Selain doa’ diatas masih banyak doa’ doa’ lain, baik menggunkn bahasa indo atau bahasa Arab dan juga di tambah bacaan shalawat kepada Rasulullah saw. Serta di anjurkan berwudhu’ dan salat dua rakaat sebelum tidur. Sebab rasululah saw bersabda” jika kamu hendak tidur maka berwudhuklah terlebih dahulu seperti wudhu’ melakukan shalat, kemudian tidurlah pada lambung kanan (posisi miring) dan berdoalah dengan doa’ ini:

اَلَلهم إنى أسلمت إليك , ووجهت إليك, وفوضت أمرى إليك, وإلجأت ظهرى إليك, رغبة ورهبة إليك, لا ملجأ ولا منجا منك إلا إليك, امنت بكتابك الدى أنزلت, ونبيك الدى أرسلت, واجعلهن اخر كلامك, فإن مت من ليلتك مت على الفطرة

Lalu selepas bangun tidur di anjurkan mengambil Wudhu’ kemudian melakukan shalat malam dan tidur sebentar setelah melakukan salat sunnat fajar atau sebelum salat subuh. Rasulullah saw setelah melakukan dua rakaat shalat sunant fajar ia tidur dalam posisi miring pada lambung kanan. Kemudian bangun dan melaksanakan salat subuh.

Jika tidur pada waktu pagi maka tidak akan mendapatkan keberkahan rizki, sebab waktu pagi termasuk waktu di mana semua makhluk akan mencari nafkah. Waktu ini bisa di katakan sebagai pembagian rizki. Oleh karennya tidur dipagi hari tidak akan mendapat keberkahan, kecuali bagi orang yang sakit atau terpaksa, jika bekerja akan semakin parah penyakitnya. Orang yang tidur pada waktu pagi di karenakan tidak teraturny tidur pada waktu malam atau kemalaman tidur di sebabkan bergadang dan sebagainya.

Cara (posisi) tidur dan tempat yang kondusif

Adapun mengenai posisi tidur, menurut anjuran islam adalah hendaknya ia tidur miring pada lambung kanan sambil mengingat-ingat mati dan membayangkan bahwa suatu saat nanti di kuburan akan di posisikan seperti ini, di hadapkan ke arah qiblat, dan hendaknya sambil berdzikir kepada Allah SWT hingga tidur, serta di usahakan tidak terlalu kenyang, tidak terus menerus tidur miring dan kasur tidak terlalu tinggi; tidur miring di atas bantal dan meletakkan telapak tangan kananya pada bawah pipi. Hal ini sesuai dengan apa yang di lakukan oleh Rasulullah saw.

Adapun hikmah tidur miring pada lambung kanan, sebagian ulama menyebutkan bahwa agar supaya tidak terlarut dalam tidur, karena ketika tidur biasanya hati lebih condong pada arah kiri (lambung kiri). Jika tidur pada lambung kanan maka hati selalu menuntut untuk berubah pada arah kiri. Jika demikian halnya maka akan mencegah orang tidur itu larut dalam tidurnya.

Jik tidur pada siang hari hendaknya tidah tidur di bawah sinar matahari, karena akan menimbulkan penyakit yang mematikan. Dan orang yang tidur pada sutu tempat dimana sebagian badannya terkena sinar matahari dan sebagiannya tidak, maka hal itu tidaklah baik (juga berdampak buruk). Oleh karena itu agar supaya dalam tidur tidak membawa penyakit dan supaya tubuh nikmat, sehat dan nyaman hendaklah tidur pada tempat yang sangat kondusif yang dapat melindungi anggota tubuhnya.

Hanya kepada Allah saya mohon perlindungan dan hanya Allahlah satu-stunya zdat yang maha tahu dan dialah yang menjdi tempat perlindungan segala makhluknya. Amin

sumber : http://remaja.suaramerdeka.com/?p=250

Entry filed under: kliping media. Tags: .

Mengapa IBU harus menyusui? 123 Keuntungan ASI Merawat Sendi Lutut

1 Comment Add your own

  • 1. Rezsay  |  November 17, 2010 at 5:16 pm

    Mantep Kang,. cocok bgt buat sya,.

    sya trmasuk org yg susah tidur,.

    mudah”an dengan membaca ini, sya bisa menjalani hidup sprti yang Akang tulis,.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Jobs Vacancy

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Member Of:


banner_tukangdezain

%d bloggers like this: